1.
Peraturan Umum
a)
Panitia Pelaksana Perlombaan
Perlombaan
senam artistik putra dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana (Panpel) perlombaan
dari Pengurus Daerah Persatuan Senam Indonesia (Pengda PERSANI) atas surat dari
Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.
b)
Waktu Perlombaan Artistik Putra:
1)
Kedatangan tanggal 20 Agustus 2017
2)
Kompetisi I tanggal 22 Agustus 2017
3)
Kompetisi III tanggal 24 Agustus 2017
c)
Nomor Perlombaan:
1)
Perlombaan serba bisa (individual all around)
2)
Perlombaan per-alat, terdiri dari:
· . Meja Lompat
(voulting table).
· . Kuda Pelana (pommel
horse) Memakai Bangku Jamur.
· . Lantai (floor
exercise).
d)
Peserta Perlombaan:
1)
Perorangan
putra (1 anak) perwakilan dari provinsi.
2)
Peserta
Belum Pernah menjadi juara 1, 2 dan 3 dalam kejuaraan tingkat Intenasional
(FIG, AGU, SEAGZONE, PAN Pasific, Kejuaraan yang diikuti oleh KONI Pusat atau
Kemendikbud).
3)
Peserta
yang sudah pernah menjadi juara 1, 2 dan 3 pada O2SN SD tidak boleh mengikuti
perlombaan ini.
e)Peraturan
Perlombaan:
1)
Peraturan perlombaan menggunakan COP 2017-2020 dengan modifikasi dan kebijakan
dari PB. PERSANI.
2)
Semua peserta dianggap telah memahami dan mengerti isi dari peraturan tersebut.
f)
Pakaian dan Sepatu:
1)
Peserta diwajibkan memakai pakaian senam sesuai dengan peraturan perlombaan
senam (Memakai kaos singlet, celana senam pendek).
2)
Peserta tidak diwajibkan mengenakan sepatu senam.
2.
Peraturan Khusus
a)
Nomor Perlombaan Serba Bisa (individual all around):
1)
Peralatan:
merupakan seluruh alat yang dipakai pada nomor perlombaan perorangan, yaitu
meja lompat, kuda pelana dengan bangku jamur, dan lantai.
2)
Ketentuan
Rangkaian: seluruh rangkaian pada nomor perlombaan perorangan.
3)
Element:
merupakan seluruh element yang dilakukan pada nomor perlombaan perorangan.
4)
Keterangan
Tambahan: nomor perlombaan serba bisa merupakan akumulasi dari seluruh nomor
perlombaan per-alat yang diikuti oleh setiap peserta, dan merupakan ajang
penyisihan untuk menentukan finalis pada nomor perlombaan per-alat.
b)
Nomor Perlombaan Meja Lompat (Vaulting Table):
1)
Peralatan: meja lompat dengan ketinggian 100 – 120 cm
2)
Ketentuan Rangkaian: hanya melakukan handspring
3)
Element
Tabel
Penilaian Element
Dilakukan
2 kali berturut-turut, diambil nilai terbaik (berlaku pada babak penyisihan
atau kompetisi I)
Dilakukan
2 kali berturut-turut dibagi 2 (untuk final per-alat atau kompetisi III) Nilai
awal 10,00
4)
Keterangan Tambahan;
Tabel
Pengurangan Nilai Pelaksanaan Lompatan Fase Kesalahan Gerakan Pemotongan
d)
Nomor Perlombaan Lantai (floor exercise):
1)
Peralatan:
lantai yang digunakan memanjang dengan ukuran 2 x 12 meter.
2)
Ketentuan
Rangkaian:
· Perlombaan pada alat
lantai dilaksanakan dengan memperlombakan rangkaian wajib yang telah ditetapkan
elemennya, tetapi boleh dirancang sendiri urutan geraknya
· Elemen gerak perlu
dirangkaikan sedemikian rupa, sehingga merupakan sebuah gabungan yang terpadu
· Rangkaian sedemikian
rupa dipandang cocok bagi pesenam yang berbeda-beda tingkat kemampuannya, agar
tidak ada pemaksaan yang berlebihan. Artinya, seorang pesenam boleh melakukan
semua elemen yang ditawarkan, dengan catatan semua elemen itu dapat dilakukan
dengan sempurna dan terutama menjamin keselamatan
· Seorang pesenam
diperbolehkan menghilangkan elemen tertentu yang dianggapnya terlalu sulit atau
belum dikuasainya dengan baik. Tentunya dengan konsekuensi berkurangnya nilai
awal penampilannya
· Pelatih dianjurkan
untuk lebih memperhatikan keselamatan pesenam, dari pada memilih
gerakan-gerakan yang sulit tetapi belum dikuasainya. Hal tersebut akan
merugikan nilai pesenam dan akan mengancam keselamatannya.
· Rangkaian pada lantai
harus memenuhi syarat waktu, yaitu maksimal 70 detik.
· Tambahan elemen
diluar yang telah ditetapkan, tidak membuat nilai awal bertambah, demikian juga
elemen yang hilang tidak dapat diganti dengan elemen lain yang tidak
ditawarkan.
3)
Element
Tabel
Element Lantai (floor exercise)
No
Elemen yang Ditawarkan Nilai Elemen
1.
Roll depan. Lompat vertical ke balingbaling 0,5
2.
Roll belakang panjang (menyudut) 0,5
3.
Roll belakang ke handstand (lengan lurus) 0,7
4.
Handspring salto depan tekuk/lurus 2,0
5.
Hansdstand, roll depan, kop-kip 1,5
6.
Split ke samping atau ke depan 0,5
7.
Tumpu posisi L (minimal 2 detik) 0,5
8.
Berputar 360 derajat dengan lompatan/bertumpu 1 kaki 0,5
9.
Sikap keseimbangan tumpu satu kaki 0,5
10.
Dari berdiri press to hansdstand (tahan 2 detik) 0,8
11.
Round off flic-flac salto belakang tekuk (jongkok) 2,0
Jumlah
nilai awal 10,0
4)
Keterangan Tambahan
Tabel
kesalahan umum oleh panel B
3.
Pengundian Urutan Tampil
Pengundian
urutan tampil pada setiap perlombaan akan dilakukan oleh panitia pelaksana
cabang senam pada saat pertemuan teknis yang dihadiri oleh delegasi
teknik(Technical delegate),pelatih, serta perwakilan dari panitia penyelenggara
O2SN-X SD 2017.
3)
Hasil Kejuaraan
Perlombaan
ini akan menghasilkan 4 nomor juara yaitu:
· Juara perseorangan
serba bisa
· Juara perseorangan
alat lantai
· Juara perseorangan
alat meja lompat
· Juara perseorangan
alat kuda pelana
Ketentuan
Juara
· Juara perseorangan
serba bisa ditentukan oleh jumlah nilai yang dikumpulkan oleh setiap pesenam
pada babak penyisihan.
· Juara perorangan
peralat ditentukan oleh nilai tertinggi pesenam yang masuk pada babak final
pada setiap alat dengan ketentuan seorang pesenam hanya boleh mengikuti
perlombaan pada 1 alat saja.
Selengkapnya, silahkan unduh Juknis O2SN-X SD Tahun 2017